Teori dan ruang lingkup desain komunikasi visual

Teori desain komunikasi visual
Menurut American Institute of Graphic Design, Desain Komunikasi Visual adalah sebuah proses kreatif menggabungkan seni dan teknologi untuk mengkomunikasikan ide yang ingin disampaikan kepada konsumen dengan menggunakan alat komunikasi yang beragam jenisnya melalui foto dan tulisan. Elemen grafis tersebut akan membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas. Pesan visual yang diciptakan harus kreatif (asli dan inovatif), komunikatif, efisien dan efektif, sekaligus indah/estetis.
Ruang lingkup Desain Komunikasi Visual Meliputi:
1. Advertising (periklanan)
2. Animasi
3. Desain identitas Usaha (corporate identity)
4. Desain Marka lingkungan
5. Multimedia
6. Desain Grafis Industri (promosi)
7. Desain Grafis Media (buku, surat kabar, majalah, dll0
8. Cergam (komik, karikatur, Poster)
9. Fotografi, tipografi dan ilustrasi